**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 31 Agustus 2015

Ragam Permainan Tradisional Meriahkan Jambore Pramuka



SLAWI - Ajang Jambore Pramuka Penggalang Kwartir Ranting Slawi berlangsung meriah. Kegiatan yang dihelat selama tiga hari yakni 28-30 Agustus 2015 di Bumi Perkemahan Desa Dukuhwringin, Slawi diisi dengan berbagai kegiatan. Menariknya, perkemahan Pramuka tersebut, turut disemarakan dengan ragam permainan tradisional daerah setempat. Diantaranya tarik tambang, estafet tepung dan estafet air.

Tentu saja adanya ragam permainan yang disajikan itu, mampu menyedot pengunjung dan masyarakat setempat untuk melihatnya. Hal itu dibarengi semangat dan antusiasme peserta dalam memainkannya. Antusiasme juga mampu mengobati rasa rindu para peserta, karena biasanya permainan ini jarang sekali dimainkan di era sekarang.

Ketua Kwarran Slawi, Drs Ahmad Dimyati melalui Seksi Kegiatan, Panji menjelaskan permainan tradisional seperti tarik tambang dan lainnya sengaja disajikan dalam kegiatan jambore penggalang SD/MI Kwarran Slawi. “Ini untuk menambah kemeriahan gelaran Jambore Ranting,” ungkapnya disela kegiatan.

Dia mengakui jenis permainan tradisional sekarang ini sangat jarang ditemui, apalagi dalam perkemahan Pramuka. Bahkan anak-anak sekarang juga jarang terlihat memainkannya.  "Adanya permainan tradisional rakyat ini, justru menambah semarak kegiatan Jambore. Antusiasme peserta mampu menyedot masyarakat untuk menontonnya," ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, beragam permainan tradisional yang ada, dimaksudkan untuk melatih kekompakan dan ketepatan penggalang dalam satu regu. "Ini juga untuk melatih kepemimpinan pramuka penggalang, sekaligus kekompakan dalam satu regu," tukasnya. 

Panji menambahkan, meski permainan tradisional tersebut tidak dilombakan secara khusus, namun pihak panitia Jambore telah menyiapkan sejumlah hadiah untuk pemenang permainan yakni berupa alat - alat tulis dan lainnya. "Khusus untuk permainan itu, kita sediakan hadiah secara spontan yakni alat tulis seperti buku dan lainnya,"pungkasnya. (Admin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar