**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Minggu, 21 Agustus 2011

Ratusan Pramuka Siap Diperbantukan

SLAWI – Sedikitnya ratusan anggota Pramuka dari berbagai unsur Satuan Karya (SAKA), Unit Bantu Pertolongan Pramuka (UBALOKA) dan Dewan Kerja bakal diperbantukan dalam gelaran Pengamanan Arus Mudik dan Balik lebaran tahun 2011. Hal tersebut terungkap saat Rapat Koordinasi Pengamanan Lebaran yang di gelar Kwartir Cabang 11.28 Tegal dengan Jajaran Pimpinan Satuan Karya (SAKA) tingkat Cabang di Sanggar Pramuka, Slawi, Sabtu (20/8) kemarin.
Hadir dalam rakor tersebut, Ketua Kwarcab 11.28 Tegal, H Muji Atmanto, SH.MM, Waka Kwarcab Bidang Abdimas dan Humas, dr H Widodo Joko Mulyono, M.Kes.MMR, Sekretaris Kwarcab, Andalan Cabang Abdimas dan Humas, Pengurus Kwarran Balapulang dan Dukuhturi, Dewan Kerja dan UBALOKA. 
Ketua Kwartir Cabang 11.28 Tegal, H. Muji Atmanto, SH.MM mengatakan Kwartir Cabang akan mengikutsertakan anggotanya (Pramuka) dalam kegiatan Pengamanan Lebaran mulai H-7. Yaitu dari berbagai Potensi Anggota Satuan Karya (SAKA) yang ada, meliputi Saka Bhayangkara Polres Tegal, Saka Wirakartika Kodim 0712 Tegal, Saka Bakti Husada Dinas Kesehatan, Saka Wanabakti KPH Pekalongan Barat, UBALOKA Cabang, Dewan Kerja dan beberapa Kwartir Ranting (Kwarran).
“50 anggota Saka diluar Bhayangkara, akan diakomodir dalam Pos Pam terpadu dibawah koordinasi Polres Tegal,” katanya.
Ditingkat Kwartir Cabang, kata Muji, juga akan dibentuk Posko Induk yang bertempat di Sanggar Pramuka Kwarcab 11.28 Tegal yang berlokasi di Jl KH Agus Salim No 2 Kudaile, Slawi. Yang berfungsi mengkoordinasikan Personil Pramuka yang berada dilapangan / Pos Pam.
“Pos Induk akan diisi oleh Ubaloka dan DKC, dibawah koordinasi Bidang Abdimas dan Humas. Sedangkan Posko dibawah kendali Kwarran, agar koordinasi dengan Polsek setempat,” tandasnya.
Wakil Ketua Kwarcab Bidang Abdimas dan Humas, dr H Widodo Joko Mulyono, M.Kes.MMR menjelaskan anggota Pramuka dalam Pengamanan Lebaran hanya sifatnya membantu, yaitu dalam rangka Pramuka Peduli dan Pengabdian Masyarakat (Abdimas).
“Pramuka bersifat membantu, kendali dilapangan tetap dibawah Polri,” terangnya.
Menurut dr Joko, ada nilai lebih bagi Pramuka dalam Pengamanan Lebaran, yaitu Pramuka dapat membantu diluar Pos Pam terpadu dibawah Polres Tegal. Nilai lebih tersebut, seperti : bantuan saat Pasaran / Prepegan, Penjagaan Rel Kereta tanpa palang pintu dan sebagainya.
“Diluar Pos Pam terpadu, Pramuka bisa membantu saat prepegan maupun dilokasi rel kereta tanpa palang pintu,” tegasnya.
Cara Bertindak Gatur,
Kasat Bimmas Polres Tegal, AKP Ahmad Mujahid saat pengarahan rakor menuturkan, anggota Pramuka dalam Pengamanan Lebaran diharapkan dapat menerapkan fungsi Gatur, yaitu Penjagaan dan Pengaturan. Maksudnya yaitu membantu Petugas Polri dan terkait dalam menjaga dan mengatur Pengamanan Lebaran.
“Prinsipnya Pramuka punya kewajiban yang sama dengan petugas lain, jadi tidak semata – mata jaga pos,” tegas Mujahid
Kedepan, harap Mujahid, Rapat Koordinasi (Rakor) serupa hendaknya dapat dipertahankan. Manakala perlu, bisa dijadikan Protap (Prosedur tetap) sebelum digelarnya Pengamanan Lebaran.
“Saya berharap rakor seperti ini bisa dipertahankan, jika perlu dijadikan Protap,” pungkasnya. (s@n/hms)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar