**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Rabu, 17 Agustus 2011

Gudep SMP 1 Dukuhturi Kedepankan Kegiatan Inovatif dan Berkarakter


DUKUHTURI - Pendidikan Kepramukaan sebagai salah satu wadah pembinaan generasi muda yang nota bene Gudep yang berbasis satuan pendidikan sebagai salah satu lini terdepan. Dimana hal itu juga telah jelas dirumuskan dalam UU No 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka pasal 1 ayat 4 yang menyatakan bahwa "Pendidikan Kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia pramuka melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan".

Hal tersebut seperti diungkapkan Pembina Gugus Depan (Gudep) SMP 1 Dukuhturi, Iman Hadi Purwono, S.Pd, Selasa (16/8) kemarin.
Menurut Iman, Nilai nilai kepramukaan yang dimaksud mencakup : Keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME; Kecintaan pada alam dan sesama manusia; Kecintaan pada tanah air dan bangsa, Kedisiplinan, keberanian, dan kesetiaan; Tolong-menolong; Bertanggung jawab dan dapat dipercaya; Jernih dalam berpikir, berkata, dan berbuat; Hemat, cermat, dan bersahaja dan Rajin dan terampil.
“Serangkaian kegiatan menyambut HUT Pramuka ke 50 dan menyambut bulan suci ramadhan yang kita upayakan sesuai dengan nilai – nilai diatas, seperti Perkemahan Warga Baru (Perwaba), Upacara HUT Pramuka, Renungan HUT Pramuka dan Persiapan seleksi Dewan Penggalang,” terangnya.
Inovasi pendidikan kepramukaan, kata Iman, juga selalu dilakukan demi perkembangan Gugus Depan, mengingat ini adalah satu tuntutan sekaligus tantangan bagi dunia kepramukaan khususnya di Gudep SMP N 1 Dukuhturi. Wujud inovasi tersebut antara lain dengan pembuatan berbagai kuis Interaktif materi kepramukaan.
“Kuis interaktif pramuka yang berbasis flash ini akan kami gunakan sebagai bahan pembelajaran warga gudep,” tandasnya
Selain itu, Imbuh Iman, sesuai dengan program Gudep yang berusaha memanfaatkan media komputer untuk kegiatan kepramukaan, Kegiatan renungan pun menggunakan proyektor. Inilah salah satu bentuk inovasi pendidikan kepramukaan.
“Teknologi Komputer sebagai media pendidikan kepramukaan telah kami kembangkan sejak dibentuknya blog Pramuka www.gudepsmpn1dkt.blogspot.com di akhir Desember tahun lalu,”Imbuh Iman.
Dukungan dan perhatian dari Kepala Sekolah selaku Ka Mabigus juga sangat bagus dan serius. Terlebih terhadap masalah pendidikan karakter dan budaya bangsa.
“Berbagai usaha apapun yang kita lakukan tanpa pertolongan Allah SWT tidaklah akan terwujud, oleh karena itu kita selalu memohon kepada Allah SWT agar komitmen dan usaha kita sebagai warga gerakan pramuka akan diberi jalan yang mudah,” pungkasnya. (Hasan/Humas Kwarcab)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar